Berita&Kegiatan

BERITA

Alat Ukur Automatic Level Waterpass

5 February 2020

Hai #InsanNindya semoga tetap semangat ya! :D

Insan Nindya, Apakah kalian pernah mendengar sebuah alat ukur bernama Automatic Level Waterpass?
Automatic Level Waterpass merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur atau menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi rata baik pengukuran secara vertikal maupun horizontal. Nah, adapun proses pengukuran dengan waterpass pada dunia kontruksi, biasa menggunakan istilah seperti levelling atau waterpassing.

Berbeda dengan theodolite, yang juga merupakan alat ukur digital untuk mengukur elevasi bidang, waterpass memiliki beberapa keunggulan seperti ukuran yang lebih kecil dan ringan sehingga dianggap lebih efisien dibandingkan dengan theodolite yang umumnya digunakan oleh para surveyor lapangan. Namun, waterpas juga memiliki keterbatasan yang hanya mampu membaca tingkat elevasi, namun tidak mampu menentukan koordinat suatu titik. Alat ini juga bersifat sangat sensitif terhadap cahaya, sehingga lokasi proyek harus dikondisikan agar waterpass terjaga dari paparan cahaya matahari.

Di NINDYA, alat ini digunakan pada hampir seluruh proyek yang membutuhkan survey pemetaan (elevasi) terutama pada proyek pembangunan maupun pengembangan jalan.

Berita lain