Berita&Kegiatan

BERITA

NINDYA Kembali Berkontribusi Tingkatkan Ketahanan Pangan di NTB

3 July 2020

#InsanNindya, Setelah sebelumnya di Tahun 2019 menyelesaikan pembangunan Bendungan Tanju dan Mila di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), NINDYA saat ini juga tengah menyelesaikan pembangunan Bendungan Meninting sebagai upaya mendukung ketahanan Nasional.
Pembangunan Bendungan Meninting dimulai sejak tahun 2019 dan termasuk dalam pembangunan Proyek Startegis Nasional (PSN). Bendungan tersebut berlokasi di antara Desa Bukit Tinggi Kecamatan Gunung Sari dan Desa Dasan Geria Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.
Kontruksi Bendungan Meninting dibangun dengan tinggi spillway 79 meter dan panjang pelimpah 16 meter serta memiliki area genangan seluas 52,78 hektar dan tampungan maksimal 12,18 juta m3. Kehadiran Bendungan Meninting berpotensi memberikan manfaat untuk mengairi daerah irigasi seluas 1.559,29 Ha, memenuhi kebutuhan air baku untuk Kabupaten Lombok Barat bagian Utara sebesar 150 liter/detik, menyediakan energi listrik sebesar 2 x 0.4 MW dan juga sebagai destinasi wisata baru yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.
Bendungan Meninting akan mendukung suplai air ke daerah lain, terutama ke daerah Lombok Selatan yang memiliki potensi lahan pertanian lebih besar. Tambahan tampungan air Bendungan Meninting juga akan membatu Pemerintah Daerah dalam mitigasi persoalan kekeringan di Pulau Lombok.
NINDYA terus mendukung upaya pemerintah dalam rangka meingkatkan ketahanan pangan Nasional, bersama Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), NINDYA telah mengerjakan beberapa Bendungan Di NTB seperti Bendungan Tanju yang memiliki volume tampungan sebesar 18,27 juta m3 dan Bendungan Mila yang memiliki volume tampungan sebesar 6,57 juta m3. Kedua bendungan tersebut berfungsi untuk menyuplai kebutuhan air irigasi seluas 3.939 hektar, suplai air baku sebesar 0,05 m⊃3;/detik dan pembangkit listrik sebesar 0,5 MW. Selain itu, ada Bendungan Bringin Sila yang juga di kerjakan NINDYA, tengah disiapkan Kementerian PUPR sebagai pendukung ketahanan pangan dan air, khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

#AKHLAK
#AKHLAK2020
#SemangatBaruBUMN

Berita lain