Berita&Kegiatan

BERITA

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Nindya Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Indonesia yang Berkelanjutan

4 July 2020

Sebagai bentuk komitmen Nindya dalam menjalankan praktik usaha yang berkelanjutan serta pemenuhan terhadap Undang – Undang No. 19 tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Peraturan Menteri BUMN No. PER-02/MBU/04/2020 yang berlaku saat ini dimana menyatakan maksud dan tujuan pendirian BUMN tidak hanya mengejar keuntungan melainkan turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah.
PKBL merupakan program pembinaan Usaha Kecil dan Pemberdayaan Lingkungan oleh BUMN. Kegiatan PKBL sendiri terbagi dalam dua Program utama yang pertama yaitu Program Kemitraan (PK) yang bertujuan untuk memberikan kemudahan akses permodalan bagi UMKM dengan skema dana bergulir sekaligus melakukan pembinaan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan dan pengembangan usaha masing – masing mitra binaan.
Selain Program Kemitraan, juga terdapat Program Bina Lingkungan (BL) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi komunitas setempat dan masyarakat umum dalam bentuk bantuan bagi korban bencana alam dan upaya revitalisasinya, non bencana alam seperti wabah, bantuan di bidang pendidikan dan pelatihan, dan bantuan sosial dalam rangka pementasan kemiskinan.
Pelaksanaan PKBL di Nindya telah berlangsung dari tahun 1993. Hingga saat ini, jumlah Mitra Binaan Perusahaan tercatat sebanyak 642 mitra yang tersebar di seluruh tanah air. Adapun realisasi penyaluran pinjaman Program Kemitraan (PK) 2019 tercatat dengan kinerja penyaluran dan kolektibilitas yang sangat baik. Selain itu, di tahun ini melalui program pembinaan yang intensif, PKBL Nindya mencatatkan sebanyak 5 mitra binaan naik kelas.
Dari Program Bina Lingkungan (BL) di tahun 2019, Perusahaan telah menyalurkan bantuan dana yang ditujukan ke beberapa sektor diantaranya bencana alam dan non bencana alam, pendidikan dan pelatihan, kesehatan, sarana dan prasarana umum.
Dengan pelaksanaan PKBL yang baik dan efektif, Nindya senantiasa menyeimbangkan kinerja usaha dengan tetap memperhatikan lingkungannya. Dengan demikian, Perseroan senantiasa mendorong terciptanya pembangunan yang berkelanjutan dalam lingkup sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan.

#AKHLAK
#AKHLAK2020
#SemangatBaruBUMN
#BUMNMajuIndonesiaMaju
#NindyaKarya
#KinerjaNindya
#TowardtheExcellent
#BUMNuntukindonesia

Berita lain