Berita&Kegiatan

BERITA

Kapal Keruk NINDYA

28 November 2019

Selamat pagi #InsanNindya, info konstruksi kali ini akan membahas salah satu teknologi konstruksi yang dimiliki Unit Penunjang Produksi NINDYA yaitu kapal keruk tipe cutter-suction dredger (CSD). Seperti namanya, kapal keruk merupakan kapal yang memiliki peralatan khusus untuk melakukan pengerukan. Biasanya, alat berat ini digunakan untuk memperdalam dasar sebuah danau yang hasil buangannya digunakan untuk reklamasi pulau di sekitar danau tersebut.

Pada kapal keruk tipe CSD terdapat tabung pengisap yang memiliki kepala pemotong untuk menghancurkan material keras seperti kerikil atau batu. Material yang telah dihancurkan akan dikeruk dengan cara diisap oleh pompa pengisap sentrifugal dan dikeluarkan melalui pipa.

CSD memiliki dua buah spud can di bagian belakang yang berguna sebagai poros bergerak CSD kedepan dan ke belakang. serta terdapat dua jangkar dibagian depan kiri dan kanan untuk menarik CSD ke kiri dan kanan.

Nah, salah satu proyek NINDYA yang menggunakan kapal keruk tipe cutter-suction dredger atau CSD ialah proyek revitalisasi Danau Tempe di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Dimana revitalisasi akan menambah kapasitas volume tampungan danau sebesar 7,23 juta m3, dari kapasitas volume tampungan saat ini sebesar 207,66 juta m3.

Berita lain