Berita&Kegiatan

KEGIATAN

Dukung Perempuan Disabilitas, Nindya Karya Gelar Pelatihan Pengembangan UMKM

1 December 2023

Nindya Karya selenggarakan pelatihan pengembangan UMKM untuk perempuan disabilitas di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya (29/11). Pelatihan ini dilaksanakan bersama Alunjiva Indonesia bertemakan "Inovasi dan Inklusi Mendukung UMKM Perempuan Disabilitas”. Bertempat di Gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Yogyakarta, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 29 November - 1 Desember 2023.

Sebanyak 25 penyandang disabilitas perempuan dari ragam disabilitas dan telah menjalankan berbagai jenis usaha mengikuti pelatihan ini. Pelatihan yang didapatkan oleh peserta meliputi pengembangan UMKM seperti, Pentingnya Kesehatan Mental, Bisnis Model, Literasi Keuangan, Legalitas untuk Usaha, Branding dan Pemasaran, Strategi Digital, Memaksimalkan Media Sosial, Serta Foto Produk, desain, dan konten untuk Media Sosial Usaha. Pelatihan ini dilakukan secara berkelanjutan, tidak hanya selama tiga hari pelatihan, namun para peserta masih mendapat pendampingan hingga tiga bulan kedepan.

Hadir dalam kegiatan ini Vice President Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dan Umum PT Nindya Karya Muhammad Rusdi, Perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta Hana Faiz Prabowo serta Founder Alunjiva Indonesia Nicky Claraentia.

Dalam sambutannya, Vice President Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dan Umum PT Nindya Karya Muhammad Rusdi berharap acara pelatihan UMKM disabilitas perempuan dan pendampingan pasca pelatihan ini dapat memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat.

Sementara itu, Founder Alunjiva Indonesia Nicky Claraentia mengatakan, "Melalui program ini kami berharap penerima manfaat bisa mendapatkan peluang akan akses informasi yang setara  sebagai modal dalam mengembangkan kapabilitas dirinya sebagai seorang disabilitas serta bisa mengembangkan usahanya untuk mempersiapkan diri sebagai bagian dari ekosistem masyarakat ekonomi inklusif di Indonesia yang berdaya serta memiliki daya saing."

Kegiatan lain