Berita&Kegiatan

KEGIATAN

Dekarbonisasi Jadi Prioritas Nindya Karya dalam Membangun Infrastruktur di Indonesia

23 November 2023

Jakarta, 23 November 2023 - Direktur Utama Nindya Karya, Ir. Moeharmein Zein Chaniago, menghadiri Workshop Dekarbonisasi yang digelar oleh Forum QHSE BUMN Konstruksi Indonesia (FQHSE-BKIN) di Jakarta Japan Club, Wisma Keiai, pada hari Kamis (23/11).

Dalam sambutannya, Direktur Utama Nindya Karya, Ir. Moeharmein Zein Chaniago M.Eng, menyampaikan bahwa dekarbonisasi merupakan salah satu prioritas dalam program pembangunan infrastruktur di Indonesia. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 29% pada tahun 2030.

"Dekarbonisasi merupakan tantangan besar bagi industri konstruksi, namun juga merupakan peluang untuk menciptakan inovasi dan efisiensi. Oleh karena itu, kita harus bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan dekarbonisasi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia," ujar Moeharmein.

Dalam workshop tersebut, para peserta mendapatkan materi mengenai berbagai aspek dekarbonisasi dalam pembangunan infrastruktur, mulai dari aspek teknis, ekonomi, hingga sosial. Materi disampaikan oleh para pakar dari berbagai bidang dan instansi, salah satunya Vice President QHSE dan Customer Satisfactions, PT Nindya Karya, Hana Fajrianti, menyampaikan bahwa PT Nindya Karya telah melakukan beberapa upaya dalam usaha mengurangi karbon, seperti hadirnya Nindya Calculator for Carbon Footprint.

Selain NICAF (Nindya Calculator for Carbon Footprint), Nindya Karya juga telah menyusun roadmap implementasi Internet of Things dalam mendukung konstruksi hijau seperti Construction Site Monitoring, Site Security & Surveillance, Automatic Dam System, Structural Health Monitoring, dan beberapa pengembangan teknologi lainnya.

Selain Moeharmein, turut hadir dalam workshop tersebut Direktur Keberlanjutan Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ir. Kimron Manik M.Sc, Presiden Direktur Jetro Jakarta, Masakazu Takahashi, dan Kepala BoD Forum QHSE-BKIN, Ir. Subkhan, M.PSDA.

Kegiatan lain