Berita&Kegiatan

KEGIATAN

Dirjen SDA Kementerian PUPR Tinjau Proyek Yang Dikerjakan NINDYA, Pembangunan Bendungan Karalloe Kabupaten Gowa

28 August 2021

Gowa – Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jarot Widyoko didampingi Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan-Jenebarang Adenan Rasyid dan Direktur Produksi dan HSE NINDYA Firmansyah melakukan peninjauan ke Proyek yang dikerjakan NINDYA Bendungan Karalloe yang berada di Desa Garing, Desa Datara Kec. Tompobulu dan di Desa Taring, Kelurahan Tonrorita Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa (28/8).

Peninjauan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan peresmian Bendungan yang sebelumnya telah dilakukan impounding pada 20 Agustus 2021 silam. Pada pelaksanaannya, NINDYA dipercaya sebagai kontraktor pelaksana Pembangunan Bendungan Karalloe oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan-Jenebarang, Ditjen Sumber Daya Air.

Bendungan Karalloe memiliki luas genangan 248,50 Hektar, suplai air bendungan ini akan digunakan untuk mengairi lahan irigasi seluas 7.004 Hektar, sumber air baku 440 liter/detik, pembangkit listrik mikrohidro 4,5 MW, dan pengendali banjir untuk Kabupaten Gowa sebesar 49 m3/detik. Selain berfungsi sebagai konservasi air, Bendungan Karalloe juga memiliki potensi sebagai destinasi pariwisata karena di sekelilingnya terdapat hutan sehingga udaranya masih sejuk dan bersih.

Direktur Produksi & HSE NINDYA Firmansyah berharap, kehadiran Bendungan Karalloe ini dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan, terutama masyarakat di Kabupaten Gowa dan Jeneponto.

“semoga bendungan ini dapat segera dirasakan manfaatnya oleh warga Sulsel terutama masyarakat kabupaten gowa dan Jeneponto”. Ungkap Firmansyah.

Kegiatan lain