Berita&Kegiatan

KEGIATAN

Nindya Karya Berikan Bantuan Energi Bersih dan Terjangkau

13 June 2023

Nindya Karya berikan bantuan Energi Bersih dan Terjangkau berupa bio gas dari limbah hewan ternak yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat untuk kebutuhan rumah tangga di Dusun Gamparan, Desa Sumberharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta (13/6). Program ini merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang dijalankan oleh Nindya Karya.

Sebagai informasi, bio gas ini diolah dari limbah ternak menggunakan teknologi dan intalasi bio gas, sebagai alternatif bahan bakar rumah tangga untuk mengurangi limbah ternak dan dapat dimanfaatkan sebagai energi baru skala rumah tangga. Dalam hal ini yang digunakan adalah kotoran sapi yang dikumpulkan dalam bak penampungan dan diolah menjadi gas alami yang kemudian disalurkan langsung ke rumah warga sekitarnya melalui instalasi pipa yang sudah terpasang ke beberapa rumah. Tidak hanya mengurangi limbah ternak, bio gas ini juga dapat mengurangi bahan bakar lainnya yang tidak ramah lingkungan. Program bio gas di Desa Sumberharjo, saat ini dibangun oleh Nindya Karya berada di tiga lokasi berbeda, yakni di dua rumah warga dan di Balai Tani Dusun Gamparan.

Lurah Desa Sumberharjo Kurniawan, menyampaikan bahwa dengan adanya program ini, dapat bermanfaat bagi kebutuhan rumah tangga dan ramah lingkungan. Ia juga berharap bio gas dapat lebih dikembangkan sehingga memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat dan lingkungan. Selain itu, Ketua Kelompok Tani Dusun Gamparan Ponimin juga memberikan apresiasinya atas program bio gas ini, karna sangat membantu dan menghemat biaya.

Vice President Umum & TJSL PT Nindya Karya Rusdi, menyampaikan tujuan program ini adalah sebagai bentuk kepedulian Nindya terhadap lingkungan sekitar dalam meningkatkan pemanfaatan kotoran hewan ternak yang diolah menjadi energi yang ramah lingkungan. Kegiatan ini juga selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Nomor 15 tentang Ekosistem Darat dan Nomor 7 tentang Energi Bersih dan Terjangkau.

Kegiatan lain