Berita&Kegiatan

KEGIATAN

Nindya Karya Kembali Berikan Bantuan Pengelolaan Limbah Ternak Sebagai Energi Terbarukan di Karanganyar

18 September 2023

Nindya Karya telah berhasil berikan bantuan pengelolaan limbah ternak di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Kini Nindya Karya kembali berikan bantuan pengelolaan limbah ternak di Karanganyar, Jawa Tengah. Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Nindya Karya ini sesuai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Pilar Lingkungan Nomor 13 yaitu Penanganan Perubahan Iklim.

Dalam program ini, Nindya Karya bekerja sama dengan Departemen Teknik Pertanian & Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada. Bantuan yang diberikan oleh Tim TJSL Nindya Karya adalah berupa pembangunan biogas. Tim TJSL Nindya juga sudah melakukan survei ke titik yang akan dijadikan tempat pembangunan Biogas, agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dengan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sekitar, penyediaan energi untuk keperluan rumah tangga dan pengelolaan limbah ternak menjadi beberapa permasalahan tersendiri. Berangkat dari masalah tersebut, Nindya Karya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan limbah ternak sebagai solusi. Hal ini menjadi salah satu sumber energi alternatif baru yang murah dan ramah lingkungan.

Selain menjadi alternatif energi, tujuan dari pemanfaatan kotoran sapi ini yaitu untuk mengurangi limbah agar tidak mencemari lingkungan, mengurangi emisi GRK (Gas Emisi Rumah Kaca), menjadikan lingkungan masyarakat pedesaan lebih mandiri dan memberikan nilai tambah bagi peternak sapi.

Nindya berkomitmen untuk selalu mendukung kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan potensi energi yang ada sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

Kegiatan lain