Berita&Kegiatan

KEGIATAN

Proyek Jembatan Holtekamp Jadi Ikon Baru Bumi Cendrawasih

28 October 2019

Jayapura, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat Papua untuk bersama-sama menjaga ikon baru kota Jayapura yakni Jembatan Youtefa atau sebelumnya bernama Jembatan Holtekamp. Keinginan tersebut Jokowi sampaikan pada sambutannya di acara peresmian Jembatan Youtefa di Kota Jayapura, Papua (28/10).

"Saya berharap Jembatan Youtefa ini dapat dijaga keberadaannya, kebersihannya dan lain sebagainya," kata Jokowi.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetimpo menyebutkan, Jembatan Youtefa merupakan New Icon Of Papua yang menghubungkan langsung Jayapura dengan kawasan Lintas Batas Negara Skouw.

Jembatan ini dianggap dapat memperpendek jarak dan waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju Distrik Muara Tami dan kawasan Lintas Batas Negara Skouw.

Kepala BBPJN XVIII Jayapura‬ Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Osman H Marbun, menyatakan bahwa peresmian Jembatan Holtekamp nantinya akan memangkas waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, dari semula sekitar 1,5-2 jam menjadi sekitar 30-45 menit saja.

Jembatan Youtefa (Holtekamp) dibangun oleh konsorium BUMN Konstruksi PP, HK & NINDYA memiliki total panjang 11,6 km yang terbagi menjadi beberapa bagian, yakni Jalan Pendekat sepanjang 320 meter, bentang tengah sepanjang 433 meter.

Jembatan yang menghubungkan kawasan utama Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami itu diharapkan bisa mendukung konektivitas dan meningkatkan ekonomi Papua.

Kegiatan lain