Berita&Kegiatan

KEGIATAN

Tinjau Pembangunan Fly Over Juanda di Jawa Timur, Menteri Basuki: Tambahkan Penghijauan

10 November 2023

Sidoarjo (10/11) - Dalam kunjungannya ke Provinsi Jawa Timur, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan pembangunan Fly Over (FO) Djuanda, yang sebelumnya bernama FO Aloha di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Pembangunan FO bertujuan untuk mengurai simpul kemacetan akibat pertemuan lalu lintas di simpang tiga Bangah-Aloha, sekaligus memperlancar arus lalu lintas di perlintasan sebidang rel kereta api yang berada di Jalan Akses Bandara Internasional Juanda.

"Pembangunan infrastruktur jembatan, flyover dan underpass akan memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas, di samping memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian. Khusus FO Juanda ini memberikan layanan ke Bandara Internasional Juanda," kata Menteri Basuki.

Dalam pelaksanaan pembangunan FO Aloha, Menteri Basuki juga mengimbau terkait penambahan tanaman supaya lebih hijau dan asri. “Diperbanyak tanamannya untuk membuat flyover terlihat lebih hijau dan asri, Ornamen artistiknya seperti patung dan perkerasan untuk pedestrian juga dikurangi. Karena disini kan cuacanya panas, jadi lebih baik ditambahkan tanaman yang dapat membuat lebih asri dan lestari.” jelas Menteri Basuki.

FO Djuanda mulai dibangun sejak tanggal kontrak 1 November 2022 dengan masa pelaksanaan 540 hari kalender. Secara konstruksi, FO Djuanda memiliki dua struktur :
1. Main Bridge FO A menghubungkan dari Arah Sidoarjo menuju Juanda sepanjang 435 meter dan FO B menghubungkan dari arah Juanda menuju Surabaya sepanjang 423 meter.
2. Jalan Pendekat FO A (Sidoarjo-Juanda) sepanjang 543 meter dan FO B (Juanda-Surabaya) sepanjang 466 meter

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur - Bali Rakhman Taufik mengatakan, FO Djuanda dibangun dengan anggaran APBN Multiyears Contract (MYC) tahun 2022-2024. Adapun kontraktor pelaksananya PT Wijaya Karya (Persero)-PT Nindya Karya (KSO).
Edited · 5w
nindyakarya's profile picture
“Progress pekerjaan lebih cepat dari yang ditargetkan, sehingga diperkirakan akan selesai lebih cepat dan dapat digunakan secara fungsional oleh masyarakat.” jelas Rakhman.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Kepala BBWS Brantas Hendra Ahyadi, Kepala BBPJN Jawa Timur - Bali Rakhman Taufik, dan Kepala BPPW Jawa Timur Muhammad Reva.

Nindya Karya berkomitmen untuk terus memberikan hasil terbaik pada proyek-proyek yang dikerjakan, termasuk pembangunan Flyover Juanda di Jawa Timur, karena pembangunan flyover ini merupakan proyek strategis yang memiliki dampak besar bagi masyarakat.

Kegiatan lain