Berita&Kegiatan

BERITA

Bendungan Kuwil Kawangkoan, Tingkatkan Potensi Wisata di Minahasa Utara

3 March 2023

#InsanNindya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meningkatkan potensi wisata Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, sebagai upaya memaksimalkan tujuan pembangunan bendungan di seluruh Indonesia.

Meski dalam masa pemeliharaan Nindya Karya selaku kontraktor, pihak Kementerian PUPR membuka lebar bagi warga untuk menikmati sarana dan prasarana yang tersedia di Bendungan Kuwil Kawangkoan.

Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia menyampaikan "Silahkan masyarakat yang ingin menikmati pemandangan yang indah di Bendungan Kuil Kawangkoan ya kita juga ndak bisa menghalangi," katanya.

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) I Manado I Komang Sudana menjelaskan, bendungan tersebut memiliki dua kawasan, yakni zona aman harus melalui izin dan wisata budaya untuk warga.

"Wisata itu ada makam-makam kuno Minahasa, kolam Tumatenden, patung-patung dan burung Manguni sebagai simbol di Sulawesi Utara ini di Minahasa," ujar Komang.

Kementerian PUPR masih berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk mengelola bendungan yang saat ini masih ditangani sementara oleh dua desa, yakni Kuwil dan Kawangkoan.

"Desa itu ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mereka yang mengelola keamanan, kebersihan, kerusakan dan segala macam yang kami bicarakan dengan desa," katanya.

General Manager Divisi Infrastruktur I Nindya Karya Bambang Asmoro menyebutkan, Nindya Karya sebagai kontraktor pembangunan Bendungan Tersebut patut berbangga hati apabila hal tersebut dapat terwujud. Sehingga dapat juga meningkatkan ekonomi warga sekitar lokasi bendungan.

Berita lain