Berita&Kegiatan

BERITA

Bendungan Logung

6 November 2018

Apa Kabar, Insan Nindya!

Insan Nindya, untuk menambah pengetahuan dan informasi di sektor konstruksi dan infrastruktur kali ini kami akan memperkenalkan salah satu proyek PT Nindya Karya (Persero) di bidang pengairan. Proyek tersebut adalah Bendungan Logung.

Proyek Bendungan Logung berada di Dukuh Slalang, Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Jekulo, Kudus, Jawa Tengah. Proyek yang digagas oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Pemali-Juana Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) ini dikerjakan dengan skema Joint Operation antara Nindya Karya serta Wijaya Karya selaku kontraktor pelaksana.

Untuk konstruksinya, proyek ini memiliki masa pelaksanaan selama 1.460 hari dan pengerjaannya telah dimulai pada akhir Desember 2014 silam. Diharapkan masyarakat di wilayah Kudus dan sekitarnya sudah dapat merasakan manfaat bendungan tersebut pada akhir tahun 2018 mendatang. 

Nantinya, Bendungan Logung akan memiliki banyak kegunaan bagi masyarakat di sekitar kawasan bendungan. Dari aspek irigasi, bendungan ini memiliki kemampuan untuk mengairi 2.163 Ha lahan pertanian padi dan palawija dengan intensitas tanam sebesar 250%. Untuk penyediaan air baku, Bendungan Logung mampu menyediakannya sebesar 200 liter/dtk serta dari kemampuan tersebut dapat difungsikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) sebesar 0,50 MW.

Terkait fungsinya sebagai pengendali banjir, Bendungan Logung dapat mengurangi debit banjir 100 tahun sebesar 104.501 m3/dtk, mengurangi debit banjir 1000 tahun sebesar 169.534 m3/dtk serta mengurangi debit banjir Probable Maximum Flood (PMF) sebesar 219,11 m3/dtk.

Dan tidak lupa, Insan Nindya. Bendungan Logung nantinya akan menjadi daya tarik wisata baru bagi masyarakat Kudus, Pati dan Jepara. 
 

Berita lain