Berita&Kegiatan

BERITA

Anak Usaha Nindya Karya, Siap untuk Penuhi Kebutuhan Air Minum Masyarakat Cilacap

20 September 2022

Anak usaha PT Nindya Karya, PT Nindya Tirta Unggul yang bergerak dibidang Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM), telah menyelesaikan pekerjaan konstruksi sistem penyediaan air minum di Kesugihan, Kabupaten Cilacap. Pada tanggal 1 September 2022 ditetapkan dan dimulainya masa komersial SPAM Kesugihan, sesuai dengan berita acara penetapan masa komersial nomor 690/1973/47.10.01/2022 dan nomor 0129/NTU/08/2022 sebagai awal pabrik memproduksi air bersih dan memberikan kontribusi untuk Perusahaan serta masyarakat sekitar guna memenuhi kebutuhan air minum.

PT Nindya Tirta Unggul menjalin kerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Wijaya Kabupaten Cilacap di bidang Investasi dan Pengelolaan Unit Produksi di Kesugihan dengan skema perjanjian Bangun, Kelola dan Alih Milik (Built, Operate and Transfer/B.O.T) dengan nilai investasi Rp55,19 miliar. Perusahaan membangun Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) di Kesugihan, Kabupaten Cilacap dan mengelolanya selama 15 (lima belas) tahun mendatang, terhitung dari 1 September 2022 sampai dengan 31 Agustus 2037.

Diatas lahan seluas 5.755 m2 proyek investasi ini mengedepankan konsep pembangunan green building secara menyeluruh mulai dari lokasi yang alami dan asri, hingga konsep bangunan dan teknologi yang hemat energi. Pengolahan air dilakukan secara alami yaitu koagulasi dan sedimentasi yang menghasilkan air minum untuk menambah kekurangan air minum yang dibutuhkan oleh Perumdam dengan kapasitas 600 m3/jam untuk air tawar. Nindya Tirta Unggul juga memiliki Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) untuk pengolahan air asin menjadi air tawar dengan kapasitas 120 m3/jam yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Cilacap pada saat musim kemarau.

Dengan visi menjadi perusahaan di bidang industri air bersih terpercaya, terkemuka dan berkelanjutan, Nindya Tirta Unggul mengedepankan nilai kualitas, kuantitas, kontinuitas pengelolaan air bersih sebagai jaminan kepuasan pelanggan berbasis excellence engineer, reliable, operational dan maintenance dengan mengedepankan inovasi dan teknologi. 82 persen karyawan PT Nindya Tirta Unggul adalah masyarakat sekitar yang telah dilatih dan didik menjadi human capital yang unggul dan berakhlak. Investasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja bisnis Nindya Karya dari recurring income anak usaha sehubungan dengan potensi bisnis air minum dan sanitasi yang tinggi untuk kebutuhan kawasan industri di Cilacap dan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Cilacap. Proyek investasi Nindya Karya di bidang Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) ini juga sejalan dengan semangat pemerintah dalam menyediakan infrastruktur air minum. Dalam mewujudkan akses air minum dan sanitasi aman serta berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia, pemerintah bahkan memasukkan infrastruktur Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) ke dalam salah satu bagian dari Proyek Strategis Nasional.

Berita lain