Berita&Kegiatan

BERITA

Diresmikan Presiden Jokowi, Bendungan Tugu Siap Penuhi Kebutuhan Air di Kabupaten Trenggalek

30 November 2021

Trenggalek - Presiden Republik Indonesia kembali meresmikan proyek yang dikerjakan Nindya. Kali ini proyek Bendungan Tugu yang berada di Desa Nglinggis, Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur (30/11)

Dalam peresmian tersebut, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Hadir juga dalam peresmian tersebut Direktur Utama Nindya Haedar A Karim didampingi Direktur Produksi dan HSE Nindya Firmansyah.

Bendungan Tugu memiliki kapasitas tampungan air total sebanyak 12,14 juta m3 dengan luas genangan 41,74 Ha. Nantinya, Bendungan Tugu dipersiapkan untuk dapat mensuplai irigasi seluas 1.250 Ha, Sebagai penyediaan air baku pedesaan sebesar 12 liter/ detik, Menjadi sumber energi listrik untuk PLTMH sebesar 0,4 MW, mereduksi banjir sebanyak 25 persen serta menjadi ikon baru untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Trenggalek.

Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo berharap, semoga dengan adanya Bendungan Tugu dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, semoga dapat bermanfaat untuk masyarakat” ucap Presiden

Sejalan dengan pernyataan presiden, Direktur Utama Nindya Haedar A Karim berharap, dengan adanya Bendungan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyrakat sekitar Bendungan, terutama bagi petani di Kabupaten Trenggalek dan Petani di Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Selain itu, hadirnya Bendungan merupakan upaya Pemerintah dalam memperkuat ketahanan pangan di tanah air.

Berita lain