Berita&Kegiatan

BERITA

Nindya ditunjuk untuk Rehabilitasi Pasar Johar

20 August 2018

Jakarta, PT Nindya Karya (Persero) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hari ini melakukan penandatanganan kontrak untuk merehabilitasi pasar Johar, Semarang, Jawa Tengah (20/8).

Penandatanganan dilaksanakan di Kantor Kementerian PUPR dan dilakukan oleh General Manager PT Nindya Karya (Persero) Wilayah II Arif Putranto. disaksikan langsung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Direktur Utama PT Nindya Karya (Persero) Indradjaja Manopol.

Pasar Johar telah mengalami 2 kali musibah kebakaran, kebakaran pertama terjadi pada 10 Mei 2015 silam. Kebakaran itu melahap seluruh bangunan beserta seisi gedung dan hanya menyisakan bangunan cawan. Sedangkan yang terbaru, Pasar Johar kembali terbakar pada tanggal 27 Februari 2016, kali ini Pasar Yaik Baru yang terdapat di lingkungan Pasar Johar.

Pasar johar sendiri terletak di pusat Kota Semarang, Kecamatan Semarang Tengah, Kelurahan Kauman. Hal itulah yang menjadikan kawasan ini memiliki peran penting dalam perkembangan kota Semarang secara keseluruhan.

Upaya rehabilitasi pasar akan dilakukan Satker PBL Provinsi Jawa Tengah dengan kontrak jamak selama 480 hari kalender.

Menurut rencana, proses rehabilitasi Pasar Johar akan selesai pada 8 Desember 2019. Dengan lingkup kerja yang meliputi bangunan pasar di bagian utara dan tengah, serta pekerjaan MEP (Mekanikal Elektrikal dan Plumbing) dan area luar.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pun berharap kedua pasar tersebut bisa diselesaikan tepat waktu.

"Pembangunan ini Insya Allah bisa kita selesaikan tepat waktu" sebutnya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta kontraktor yang mengerjakan proyek tersebut bisa memberi contoh kepada pelaksana proyek di daerah agar memerhatikan kaidah yang baik dan benar dalam melaksanakan pembangunan. 

"Saya ingin para mitra, ini pakai APBN, sehingga harapannya bisa membangun dengan baik dan memberi contoh kepada pelaksana di daerah gimana lakukan pembangunan yang baik sesuai kaidah, sehingga jadi contoh, sebagai contoh adalah K3-nya (kesehatan dan keselamatan kerja)," tambahnya.
 

Berita lain