Berita&Kegiatan

BERITA

Nindya Karya Bangun Jembatan Terpanjang Ketiga di Indonesia

12 December 2018

Halo #InsanNindya apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan yang baik-baik saja ya.

Kali ini #InfoKonstruksiNindya akan membahas tentang Pembangunan Proyek Jembatan Terpanjang Ketiga di Indonesia yang dibangun PT Nindya Karya (Persero), yakni Jembatan Teluk Kendari atau Jembatan Bahteramas.

Jembatan Bahteramas atau Jembatan Teluk Kendari merupakan jembatan bertipe Cable Stayed yang memiliki panjang 1.348 Meter. Dimana jembatan ini menghubungkan sisi Kota Lama dengan Sisi Kecamatan Poasia.
Jembatan ini disinyalir akan menjadi jembatan terpanjang ketiga di Indonesia menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah di Kabupaten Siak, Riau dengan panjang 1,1 Km menurut data survey dari www.IDNTIMES.com. Sementara itu, Jembatan terpanjang di Indonesia ditempati Oleh Jembatan Fenomenal Suramadu dengan panjang mencapai 5,438 meter dan ditempat kedua adalah Jembatan Pasupati (Pastuer–Suropati) di Bandung yang memiliki panjang 2,800 meter.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Jembatan Teluk Kendari dibangun untuk menunjang sistem jaringan jalan dari kota lama di sisi utara menuju Poasia di sisi selatan Teluk Kendari dan sebaliknya.
Dengan konektivitas yang semakin lancar, diharapkan pertumbuhan ekonomi daerah meningkat sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut.
“Kehadiran infrastruktur jembatan, di samping memperlancar arus lalu lintas juga perlu dibuat indah dengan memasukkan elemen budaya lokal sehingga bisa menjadi kebanggaan masyarakat dan menambah estetika kota,” kata Basuki melalui siaran pers, Kamis (15/3/2018).
Proyek yang dikerjakan oleh Konsorsium PT Pembangunan Perumahan Tbk bersama PT Nindya Karya (Persero) ini terdiri dari beberapa Lingkup Pekerjaan diantaranya, Preparation Work yang meliputi Mobilisasi, Soil Investigasi, Manajemen Mutu, lalu lintas dan Lingkungan.
Main Bridge yang terdiri dari Bor Pile + Casing Baja 2m, Pilon, Dek Jembatan, Instal Stayed Cable dan Aksesoris Jembatan. Approach Span yang terdiri dari Bor Pile + Casing Baja 1,5m, Pier & Abutmen, Slab (Precast Girder + Diafragma Post Tension), Aksesoris Pendekat Serta pekerjaan Oprit yang terdiri dari Dinding Segmental, Galian & Timbunan, Perkerasan Berbutir, Perkerasan Aspal, Drainase.
Pembangunan jembatan yang berawal di Jl. WR Soepratman, Kota Lama ini diharapkan dapat memiliki beberapa manfaat diantaranya, dapat menunjang proses percepatan pembangunan daerah khususnya Kota Lama di sisi utara dengan Kecamatan Poasia di sisi Selatan, dapat menunjang perkembangan kawasan Pelabuhan Bungkutoko dan Kendari New Port yang akan menjadi pintu masuk bagi komoditi dari dan luar kota Kendari, Menunjang program pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dimana pada daerah Teluk Kendari tersebut akan dikembangkan wisata marina. 

Berita lain